Berita

Izin Gangguan Hinder Ordonantic (HO) Tidak Berlaku Lagi.

Mon, 22 May 2017 09:03:51 Administrator

Izin Gangguan atau Hinder Ordonantic (HO) resmi tidak berlaku lagi seiring terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMENDAGRI) RI Nomor 19 th 2017 tentang Pencabutan Permendagri No.27 th 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah Khusus untuk Dokumen HO tidak di berlakukan lagi sesuai dengan PERMENDAGRI No.19 th 2017.

Menurut Nurlena, SPd Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan DPMPTSP Kabupaten Lampung Timur,  untuk diketahui Hinder Ordonantic (HO) yang dikenal dengan Izin Tempat Usaha/ Kegiatan kepada Pribadi atau berbadan hukum yang Menjalankan Satu Bidang Usaha yang Berpotensi menimbulkan bahaya, Kerugian dan Gangguan Masyarakat serta kelestarian Lingkungan Hidup.

Secara  Matematis setiap pemegang HO dikenakan Retribusi sebagai Pemasukan Daerah. Besar Retribusi adalah Luas Ruang Usaha dikalikan Indeks Gangguan dikalikan Indeks Lokasi dikalikan Retribusi Permeternya. Indeks Lokasi masih dibagi lagi, Jalan Negara Indeks Lokasinya 5, Jalan Provinsi 4, Jalan Kabupaten 3, dan Jalan Desa 2.Untuk Intensitas Gangguan, tinggi 5, menengah 4, sedang 3, dan Kecil 2. Hasil Perkalian Antara Luas tempat usaha,indeks Lokasi dan Indeks Gangguan dan Tarif permeter itulah Total Retribusi yang harus dibayarkan kepada Pemerintah Daerah, dengan adanya Penyambutan HO maka Retribusi yang Menjadi Pemasukan Asli Daerah tersebut hilang. Namun member dampak positif bagi kalangan Pengusaha, khususnya Pengusaha Pemula.