Bisakah Madu Membantu Menghilangkan Jerawat?

    Bisakah Madu Membantu Menghilangkan Jerawat?

    Bisakah Madu Membantu Menghilangkan Jerawat? – Jerawat adalah satu persoalan kulit yang dapat menyerang siapa saja. Terutama mereka yang tetap remaja sampai berusia dewasa muda. Demi mengatasinya, kebanyakan orang memilih penggunaan bahan alami, ketimbang memakai obat berbahan keras.

    Nah, madu adalah salah satu bahan alami yang dikabarkan dapat menghalau jerawat. Lantas, benarkah demikian? Simak penjelasannya di sini!

    Cara Kerja Madu untuk Atasi Jerawat

    Efek antibakteri pada madu berasal dari persentase asam glukuronat yang tinggi. Asam glukuronat ini sesudah itu dapat tubuh tukar menjadi glukosa oksidase. Saat pengaplikasian pada kulit, oksidase ini dapat berubah menjadi hidrogen peroksida.

    Fungsi hidrogen peroksida mirip dengan perawatan jerawat lainnya, seperti benzoil peroksida. Sifat menenangkan madu juga berasal dari kombinasi peptida, antioksidan, vitamin B, asam lemak dan asam amino.

    Ketika dioleskan ke wajah, komponen ini bisa menambahkan efek menenangkan dan menolong mengurangi kemerahan. Namun, tidak seluruh model jerawat efektif diatasi dengan madu.

    Hanya jerawat kemerahan akibat peradangan yang merespon baik penyembuhan madu.

    Selain itu, meski madu sesungguhnya juga bahan alami, namun bukan artinya madu tidak dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya, melaksanakan tes tempel di belakang telinga atau di pergelangan tangan untuk meyakinkan tidak tersedia reaksi alergi maupun iritasi.

    Baca Juga: Inilah Cara Memutihkan Selangkangan yang Hitam

    Cara Penggunaan Madu untuk Menghilangkan Jerawat

    Kamu bisa langsung mengoleskan madu sebagai perawatan jerawat. Kalau anda menginginkan menenangkan daerah kulit yang luas, anda bisa mengoleskan madu sebagai masker ke seluruh wajah. Lalu, biarkan masker selama kurang lebih 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

    Jika anda lebih bahagia perawatan yang tidak benar-benar lengket, anda bisa mengkombinasikan madu dengan bahan-bahan lain seperti:

    • Yoghurt.
    • Oatmeal.
    • Gula merah.
    • Pisang tumbuk.
    • Kayu manis.

    Bagaimana Hasil Penggunaan Madu untuk Mengatasi Jerawat?

    Jika cocok, kulit yang merah dan meradang dapat terlihat lebih baik keesokan harinya sehabis pemakaian. Meski begitu, efektivitas cii-ciri penyembuhan dan antibakteri madu tetap perlu penelitian.

    Artinya, tidak sadar berapa lama kala yang kulit butuhkan sehingga noda jerawat sembuh sepenuhnya. Namun, anda bisa coba penggunaan madu secara rutin sedikitnya 2-3 kali dalam seminggu untuk meraih hasil yang maksimal.

    Itulah penjelasan berkenaan apakah madu bisa menolong menghalau jerawat atau tidak. Jika penggunaan secara konsisten tak menghasilkan hasil, kemungkinan udah waktunya untuk mempertimbangkan penggunaan obat jerawat yang tersedia bebas.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *