Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

    Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

    Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga – Munculnya benjolan di belakang telinga kebanyakan bukan kondisi yang sungguh-sungguh karena sebagian besar dapat hilang dengan sendirinya. Namun, ada sebagian hal yang mengakibatkan terjadinya benjolan di belakang telinga, terasa dari jerawat, infeksi, pembesaran kelenjar getah bening, sampai tumor.

    Benjolan di belakang telinga ada yang menimbulkan rasa sakit tetapi ada juga mengakibatkan nyeri. Oleh karena itu, cara menghalau benjolan di belakang telinga dapat sesuai dengan penyebabnya.

    Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

    Penting untuk menerapkan cara menghalau benjolan di belakang telinga sesuai penyebabnya sehingga benjolan benar-benar hilang. Berikut ini hal-hal yang bisa di tunaikan untuk menghilangkannya:

    1. Mengoleskan obat jerawat

    Benjolan di belakang telinga yang di sebabkan oleh jerawat dapat memerah atau muncul ada sedikit nanah di dalamnya. Biasanya, benjolan yang di sebabkan oleh jerawat dapat terasa nyeri di saat di pegang.

    Sebagai cara menghalau benjolan di belakang telinga yang di sebabkan oleh jerawat, Anda bisa mengoleskan obat jerawat yang di jual secara bebas di apotik. Obat jerawat yang di jual secara bebas kebanyakan memiliki kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam azaleat.

    2. Mengompres dengan air hangat

    Cara menghalau benjolan di belakang telinga seterusnya adalah dengan mengompres benjolan manfaatkan kompres hangat. Cara ini bisa di terapkan di saat benjolan karena pembengkakan kelenjar getah bening di telinga. Kompres hangat dapat kurangi pembengkakan sekaligus nyeri yang muncul.

    Benjolan di belakang telinga yang di sebabkan oleh pembengkakan kelenjar bening terasa lembut dan sakit di saat di sentuh. Ukuran benjolan kemungkinan hanya sebesar kacang polong atau kacang merah, tetapi bisa pula berukuran lebih besar.

    Baca Juga: Inilah Cara Untuk Menghilangkan Panu di Wajah

    3. Mengonsumsi obat antiradang

    Benjolan di belakang telinga yang di sertai nyeri, jika karena abses atau pembengkakan kelenjar getah bening, juga dapat di atasi dengan konsumsi obat antiradang, layaknya ibuprofen dan asam mefenamat. Obat antiradang tersebut bisa jadi cara menghalau benjolan di belakang telinga sekaligus meredakan nyeri.

    4. Mengonsumsi antibiotik

    Obat antibiotik dapat menghalau benjolan di belakang telinga, terutama benjolan yang di sebabkan oleh abses atau infeksi. Kedua kondisi tersebut bisa karena mastoiditis atau otitis media.

    Obat antibiotik bisa membunuh bakteri sekaligus menghambat perkembangbiakannya, sehingga mempercepat sistem penyembuhan. Dengan demikian, infeksi bisa terselesaikan dan benjolan di belakang telinga pun kempes atau menghilang.

    Meskipun obat antibiotik bisa menghalau benjolan di belakang telinga, jangan konsumsi obat ini secara sembarangan. Anda perlu meminumnya atas arahan dari dokter.

    Bila beragam cara menghalau benjolan di belakang telinga telah di terapkan tetapi benjolan tidak juga kunjung kempes, terasa benar-benar sakit, atau tidak juga menghilang sehabis 2–3 minggu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

    Perhatikan juga kecuali benjolan bertambah besar, tidak bergerak di saat di raba, dan di sertai demam dan penurunan berat badan. Ada baiknya Anda menjalani pengecekan ke dokter untuk meraih pengecekan dan penanganan yang sesuai penyebab yang mendasarinya.

    Pada sebagian kasus, layaknya benjolan yang di sebabkan oleh kista, abses, tumor, atau lipoma, dokter kemungkinan merekomendasikan tindakan pembedahan sebagai cara menghalau benjolan di belakang telinga.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *