Inilah Manfaat Magnesium yang Jarang Diketahui

    Inilah Manfaat Magnesium yang Jarang Diketahui

    Inilah Manfaat Magnesium yang Jarang Diketahui – Magnesium adalah mineral yang dapat di peroleh dari konsumsi makanan atau suplemen. Dalam tubuh, 60% magnesium tersimpan di dalam tulang dan sisanya tersebar di otot, jaringan lunak, dan darah.

    Inilah Manfaat Magnesium yang Jarang Diketahui

    Jumlah asupan magnesium yang di butuhkan tubuh bisa berbeda-beda pada tiap-tiap orang, bergantung tipe kelamin dan usia. Pria dewasa umumnya memerlukan sekitar 400–420 mg magnesium per hari, namun keperluan magnesium wanita dewasa yang wajib terpenuhi tiap-tiap harinya adalah 310–320 mg.

    Jika asupannya terpenuhi dengan baik, ada banyak ragam manfaat magnesium yang dapat di peroleh, yaitu:

    1. Menjaga kebolehan tulang

    Selain kalsium, magnesium ikut berperan perlu dalam memelihara kesegaran dan kebolehan tulang. Hal ini sebab magnesium di butuhkan tubuh untuk membentuk sel tulang baru dan memelihara kepadatan tulang.

    Manfaat tersebut di dukung oleh banyak penelitian yang tunjukkan bahwa mencukupi keperluan magnesium harian dapat mengurangi risiko pengeroposan tulang, patah tulang, dan juga penyakit tulang seperti osteoporosis.

    2. Mencegah migrain

    Jika Anda juga orang yang kerap mengalami migrain, coba konsumsi makanan mengandung magnesium tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang menderita migrain umumnya miliki kadar magnesium lebih rendah.

    Penelitian lain lebih-lebih tunjukkan bahwa mencukupi keperluan magnesium dari makanan atau suplemen dapat mengurangi tanda-tanda migrain. Magnesium di ketahui bekerja dengan langkah menurunkan kadar senyawa kimia yang sebabkan nyeri di kepala dan menghindar ketegangan di pembuluh darah.

    3. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Memenuhi keperluan magnesium harian juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal, khususnya pada penderita hipertensi. Beberapa penelitian juga tunjukkan bahwa kekurangan magnesium dalam tubuh dapat tingkatkan risiko seseorang terkena hipertensi.

    4. Menjaga kesegaran jantung

    Manfaat magnesium dalam memelihara tekanan darah miliki dampak positif terhadap kesegaran jantung. Asupan magnesium yang memadai dapat menurunkan risiko Anda terkena bermacam penyakit jantung, seperti aritmia, aterosklerosis, dan serangan jantung.

    5. Mengurangi risiko terkena penyakit diabetes

    Magnesium juga di ketahui dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Hal ini sebab asupan magnesium yang tercukupi sanggup memelihara kinerja hormon insulin dalam memelihara kadar gula darah tetap stabil.

    Sebuah penelitian tunjukkan bahwa orang yang banyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium miliki risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes.

    Di samping banyak ragam manfaat magnesium yang udah di sebutkan di atas, mineral ini juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh dan memperkuat proses kekebalan tubuh dalam melawan infeksi kuman.

    Baca Juga: Ketahuilah Jenis dan Manfaat Elektrolit untuk Tubuh

    Berbagai Sumber Magnesium yang Mudah Ditemukan

    Untuk mendapat manfaat magnesium secara optimal, ada sebagian tipe makanan yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, di antaranya:

    Bayam

    Bayam banyak di konsumsi dan kaya dapat nutrisi. Seporsi bayam matang atau sekitar 180 gram, dapat mencukupi sekitar 39% keperluan magnesium harian.

    Cokelat hitam

    Coklat hitam di kenal sebagai sumber magnesium yang baik. Jumlah kadar magnesium di dalam tipe cokelat ini, dapat mencukupi sekitar 16% dari keperluan harian.

    Tahu

    Tidak kalah tinggi dengan coklat, memahami juga merupakan salah satu makanan tinggi magnesium. Seporsi memahami atau 100 gram, dapat mencukupi sekitar 13% dari keperluan magnesium harian.

    Quinoa

    Meski masih terdengar asing dan belum terlampau banyak di konsumsi, quinoa juga kaya dapat kadar magnesium. Seporsi quinoa yang di masak atau sekitar 185 gram, dapat mencukupi sekitar 33% dari keperluan magnesium harian.

    Kacang hitam

    Tak hanya protein, kacang hitam juga di ketahui tinggi kadar magnesium. Seporsi kacang hitam atau sekitar 170 gram, dapat mencukupi sekitar 30% dari keperluan magnesium harian.

    Kacang almond

    Jenis kacang ini merupakan camilan yang sehat dan juga kaya dapat magnesium. Sekitar 25 gram kacang almond, dapat mencukupi sekitar 25% keperluan magnesium tiap-tiap harinya.

    Kacang mete

    Selain kacang hitam dan kacang almond, kacang mete juga di ketahui miliki banyak kadar magnesium. Sekitar 170 gram kacang mete, dapat mencukupi sekitar 25% dari keperluan magnesium harian.

    Untuk sebagian orang dengan suasana tertentu, konsumsi makanan kaya kadar magnesium saja tidak memadai sehingga memerlukan asupan suplemen magnesium tambahan. Suplemen magnesium umumnya di butuhkan untuk menangani tanda-tanda PMS dan tingkatkan kebolehan fisik, khususnya bagi atlet.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *