Cara Merawat Kulit Sensitif

    Daftar Pilihan Pelembap untuk Kulit Bruntusan

    Cara Merawat Kulit Sensitif – Orang yang mempunyai kulit peka sering kali merasakan keluhan pada kulit, layaknya ruam, gatal, kering, beruntusan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Keluhan-keluhan tersebut kebanyakan keluar setelah kulit terpapar zat spesifik atau hawa yang kering dan dingin.

    Faktor Pemicu Keluhan Kulit Sensitif

    Pemicu reaksi kulit peka berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Beberapa aspek yang bisa jadi pemicunya adalah:

    • Gangguan kulit, layaknya eksim, rosacea, dan dermatitis kontak
    • Polusi, layaknya debu dan asap kendaraan
    • Faktor lingkungan, andaikata paparan cahaya matahari dan suhu dingin atau panas
    • Sering mengganti product kosmetik atau product perawatan kulit
    • Perubahan hormon, layaknya saat menjelang menstruasi dan menopause
    • Efek samping obat-obatan tertentu
    • Stres dan kuatir berlebihan

    Selain itu, keadaan ini juga berupa genetik. Pemilik kulit peka kebanyakan juga mempunyai orang tua atau saudara kandung dengan kulit yang sensitif.

    Perbedaan Alergi dengan Kulit Sensitif

    Reaksi alergi berlangsung saat sistem kekebalan tubuh jadi aktif dan bereaksi terlalu berlebih kala tubuh terpapar debu, makanan, atau zat kimia tertentu. Reaksi alergi pada kulit dapat mengakibatkan kulit jadi kemerahan, jadi gatal, perih, atau bengkak.

    Sementara itu, pada kulit sensitif, masalahnya bukan pada zat atau benda tertentu, melainkan seberapa banyak atau seberapa sering seseorang memakai suatu product atau terpapar oleh zat tertentu.

    Sebagai contoh, saat seseorang memakai product yang mempunyai kandungan serum vitamin C 10% yang merupakan suatu zat asam, kulitnya barangkali tidak merasakan keluhan atau reaksi tertentu. Namun, saat ia memakai serum vitamin C 20% yang lebih asam, kulitnya mengalami iritasi.

    Reaksi iritasi ini bukan disebabkan oleh alergi, melainkan karena pembawaan kimiawi pada product tersebut terlampau keras untuk kulit. Hal inilah yang menyebabkan tanda-tanda kulit sensitif.

    Perbedaan lainnya antara kulit peka dan alergi terkandung pada saat munculnya reaksi. Reaksi alergi dapat keluar sementara setelah terpapar suatu zat atau bisa juga baru keluar lebih dari satu saat kemudian, kira-kira 12-48 jam setelahnya. Sementara itu, pemilik kulit peka bakal langsung merasakan keluhan pada kulit setelah terpapar aspek pemicu.

    Baca Juga: Daftar Pilihan Pelembap untuk Kulit Bruntusan

    Cara Merawat Kulit Sensitif

    Berikut ini adalah lebih dari satu tips yang bisa kamu terapkan dalam merawat kulit sensitif:

    1. Pilih product yang ramah untuk kulit

    Pemilik kulit peka wajib lebih waspada dalam memilih product perawatan kulit. Gunakanlah product spesifik untuk kulit peka yang kebanyakan mempunyai kandungan lebih sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya product ini berlabel “hypoallergenicā€¯.

    Bagi para pria, Anda bisa memilih sabun wajah pria yang bebas bahan-bahan iritatif, layaknya alkohol dan pewangi, untuk memulai alur perawatan kulit wajah.

    2. Menjauhi bahan iritatif

    Karena mudah mengalami reaksi, pemilik kulit peka wajib menghindari pemanfaatan product yang mempunyai kandungan bahan iritatif, layaknya antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid.

    3. Sering kenakan pelembap

    Kulit peka rentan jadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghambat kulit kering, olesi pelembap setelah mandi secara rutin. Umumnya, pelembap yang mempunyai kandungan petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone, atau gliserin safe untuk kulit sensitif.

    4. Batasi saat mandi

    Mandi terlampau lama bisa mengakibatkan kulit mudah rusak. Oleh karena itu, orang yang kulitnya peka wajib menghambat saat mandi, lumayan sepanjang 10 hingga 15 menit saja. Selain itu, disarankan juga untuk tidak memakai air yang bersuhu terlampau dingin atau panas, melainkan air hangat.

    5. Batasi paparan cahaya matahari dan memakai tabir surya

    Jika kulitmu peka pada paparan cahaya matahari atau suhu panas, hindarilah paparan cahaya matahari langsung dalam saat lama. Bila wajib beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, kenakan pakaian tertutup, topi lebar, dan kacamata hitam.

    Selain itu, gunakanlah tabir surya spesifik untuk kulit peka dengan SPF 30 atau lebih, tiap-tiap kali bakal beraktivitas di luar ruangan.

    Pemilik kulit peka juga disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan berbahan katun. Pakaian berbahan ini dapat menyerap keringat, agar kulit dapat terhindar dari biang keringat dan iritasi.

    Setiap hendak kenakan suatu product untuk kulit, pemilik kulit peka wajib melaksanakan tes pada kulit khususnya dahulu. Caranya adalah dengan mengoles product tersebut pada lengan, lalu membiarkannya lebih dari satu saat. Jika kulit jadi kemerahan, gatal, atau perih, bermakna product tersebut tidak sesuai digunakan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *