Inilah Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

    Inilah Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

    Inilah Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan – Minyak ikan punya kandungan omega-3, yakni asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kebugaran tubuh. Tuna, salmon, tongkol, kerapu, kembung, dan makarel merupakan contoh-contoh ikan yang kaya dengan persentase asam lemak omega-3.

    Jenis omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Jenis omega-3 ini tidak sama dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada sumber nabati, yakni alpha-linolenic acid (ALA). Meskipun ALA juga merupakan asam lemak esensial, EPA dan DHA punya manfaat yang lebih banyak untuk kebugaran tubuh.

    Inilah Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

    Berkat persentase omega-3 di dalamnya, selanjutnya ini adalah banyak variasi manfaat yang bisa didapat dari konsumsi minyak ikan:

    1. Memelihara kebugaran jantung

    Penelitian mengatakan bahwa orang yang rutin konsumsi minyak ikan 2 kali dalam seminggu berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, dan juga punya tekanan darah yang lebih terkontrol.

    Selain itu, senyawa omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan terbukti dapat turunkan persentase trigliserida dalam darah.

    Perlu Anda ketahui bahwa risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya persentase trigliserida di dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi minyak ikan bisa menjadi salah satu solusi untuk memelihara kebugaran jantung Anda.

    2. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

    Minyak ikan bisa menghambat penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Penelitian perlihatkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat mengurangi persentase kolesterol jahat (LDL) dan menghambat peradangan sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

    3. Mengoptimalkan kebugaran ibu hamil

    Minyak ikan baik dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan tingkatkan berat badan lahir bayi.

    Selain itu, konsumsi omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan sepanjang kehamilan dan menyusui dapat mengurangi risiko alergi makanan pada bayi yang akan dilahirkan kelak.

    Meski begitu, ibu hamil direkomendasi untuk tidak konsumsi suplemen minyak ikan yang berasal dari hati ikan, layaknya ikan kod. Hal ini karena minyak ikan kod punya kandungan retinol dalam persentase tinggi yang dapat membahayakan janin.

    Baca Juga: Inilah Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

    4. Mengurangi gejala depresi

    Orang dengan depresi berat biasanya punya persentase omega-3 dalam darah yang lumayan rendah. Studi mengatakan bahwa konsumsi minyak ikan dinilai dapat menunjang mengurangi gejala depresi, lebih-lebih minyak ikan yang kaya persentase EPA di dalamnya.

    5. Menjaga kebugaran kulit

    Selanjutnya, konsumsi minyak ikan juga juga punya manfaat dalam menjaga kebugaran kulit. Kandungan omega-3 pada minyak ikan punya pengaruh antiradang sehingga berguna untuk menghambat dan mengurangi jerawat.

    Selain itu, penelitian juga perlihatkan bahwa konsumsi omega-3 juga dapat menjaga kelembaban dan menghambat iritasi kulit.

    6. Menjaga kebolehan tulang

    Makin pertambahan usia, tulang akan kehilangan banyak kalsium sehingga akan lebih gampang keropos dan patah. Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kebugaran tulang. Namun, penelitian perlihatkan asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kebugaran tulang.

    7. Meringankan gejala radang sendi

    Radang sendi merupakan penyakit degenaratif yang dapat di sebabkan oleh kerusakan tulang rawan (osteoathritis). Salah satunya akibat proses imun yang menyerang sel-sel sehat (rheumatoid arthritis). Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan bengkak di persendian.

    Beberapa penelitian perlihatkan bahwa konsumsi makanan yang punya kandungan omega-3 dapat meringankan rasa sakit pada penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Pada penderita rheumatoid arthritis, asam lemak omega-3 dapat mengurangi pemakaian obat antiradang.

    8. Mencegah penyakit mata

    Tidak cuma berguna untuk organ hati atau otak, konsumsi minyak ikan juga di ketahui baik untuk menjaga kebugaran mata. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat turunkan risiko terkena penyakit mata, lebih-lebih pada orang lanjut usia.

    Orang lanjut usia yang punya persentase DHA dan EPA yang tinggi dalam darah punya risiko yang lebih rendah untuk terkena degenerasi makula (gangguan penglihatan di usia tua).

    9. Mengurangi risiko terjadinya Alzheimer

    Alzheimer merupakan salah satu jenis demensia, situasi yang dapat memengaruhi energi ingat dan energi pikir penderitanya. Lama kelamaan, penderita Alzheimer akan mengalami masalah komunikasi, ingatan, dan pikiran.

    Salah satu penelitian perlihatkan bahwa penderita Alzheimer punya persentase DHA yang lebih rendah dibandingkan orang normal. Oleh karena itu, konsumsi minyak ikan yang punya kandungan DHA di yakini dapat menunjang menjaga struktur sel otak dan mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

    10. Memperkuat imunitas tubuh

    Penelitian perlihatkan bahwa asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat menunjang memperkuat proses imun. Penelitian selanjutnya juga di perkuat dengan ada temuan bahwa orang yang konsumsi suplemen minyak ikan secara rutin punya gejala yang lebih gampang ketika tertular virus Covid-19.

    Meskipun begitu, manfaat minyak ikan untuk memperkuat proses imun tetap harus di teliti lebih lanjut.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *