Inilah Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Efektif

    Inilah Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Efektif

    Inilah Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Efektif – Cara memelihara kesegaran gigi dan mulut yang baik dapat di jalankan dengan menggosok gigi 2 kali sehari dan memelihara pola hidup sehat dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Selain dapat memelihara kesegaran gigi dan mulut, normalitas yang baik ini juga dapat menghindar tubuh dari beraneka penyakit.

    Inilah Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Efektif

    Berikut ini adalah sebagian langkah memelihara kesegaran gigi dan mulut yang bisa Anda lakukan:

    1. Memilih sikat gigi yang tepat

    Pemilihan sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal memelihara kesegaran gigi dan mulut Anda. Pilihlah sikat gigi yang punyai bulu lembut agar nyaman di gunakan.

    Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang Anda menentukan punyai ujung yang kecil membulat. Jika sudah 3 bulan di gunakan, Anda sebaiknya mengganti sikat gigi tersebut.

    Tak cuma perhatikan wujud dari sikat gigi, langkah menyikat gigi juga menentukan kesegaran gigi dan mulut Anda. Anda di rekomendasi untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlampau menekan gigi.

    Selain itu, Anda juga direkomendasi menyempatkan sementara selama 2 menit untuk menggosok gigi dan lidah secara keseluruhan.

    2. Melakukan flossing

    Salah satu langkah memelihara kesegaran gigi dan mulut lainnya adalah lakukan flossing. Flossing atau membersihkan gigi gunakan benang gigi harus di jalankan tiap-tiap sehari sekali. Flossing di jalankan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

    Cara gunakan benang gigi yakni dengan melilitkan salah satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Lalu, jepit ke dua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang selamanya tegang dan membersihkan sela gigi satu per satu dengan benang tersebut.

    3. Mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis

    Cara memelihara kesegaran gigi dan mulut juga dapat di jalankan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, layaknya minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini di karenakan minuman maupun makanan manis yang di konsumsi secara berlebihan dapat membuat gigi berlubang.

    Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Meler

    4. Menghentikan normalitas merokok

    Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat membuat pergantian warna gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi jadi rapuh dan ringan patah, dan juga tingkatkan risiko terkena kanker mulut. Oleh di karenakan itu, langkah memelihara kesegaran gigi dan mulut dapat di jalankan dengan menghentikan normalitas merokok.

    5. Menggunakan obat kumur

    Agar kesegaran gigi dan mulut selamanya terjaga, Anda dapat gunakan obat kumur sesudah makan atau sebelum tidur. Obat kumur di percaya mampu membersihkan daerah gigi atau mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi atau flossing.

    Selain itu, obat kumur juga dapat mengurangi risiko gigi dan mulut terkena beraneka keluhan lain, layaknya radang gusi, gigi kuning, bau mulut, dan plak gigi.

    Sebelum berkumur, sikatlah gigi Anda lebih-lebih dahulu agar tidak menghindar kerja chlorhexidine dalam obat kumur. Setelah itu, tuangkan obat kumur sebanyak 2 sendok teh ke dalam tutup botol. Berkumurlah selama 1 menit lantas keluarkan dari mulut.

    6. Melakukan oil pulling

    Salah satu langkah memelihara kesegaran gigi dan mulut lainnya adalah lakukan oil pulling. Cara ini dapat mengurangi perkembangan bakteri di dalam mulut dan mengurangi penumpukan plak di gigi.

    Anda dapat lakukan oil pulling dengan gunakan 1 sendok makan minyak kelapa maupun minyak wijen. Berkumurlah dengan minyak berikut selama 15–20 menit lantas bilas mulut dengan air bersih. Setelah itu, sikatlah gigi Anda layaknya biasa.

    7. Membatasi asupan alkohol

    Sering konsumsi alkohol dapat membuat mulut jadi kering. Selain itu, orang dengan ketergantungan alkohol juga lebih rentan mengalami rusaknya gigi. Hal ini di karenakan alkohol dapat membuat penumpukan plak pada gigi dan perkembangbiakan bakteri di mulut, agar bisa tingkatkan risiko gigi berlubang dan ompong secara permanen.

    8. Berkonsultasi ke dokter gigi secara teratur

    Kebiasaan sehari-hari di atas perlu untuk di terapkan sebagai langkah memelihara kesegaran gigi dan mulut secara keseluruhan. Meski demikian, Anda di rekomendasi untuk memeriksakan kesegaran gigi dan mulut ke dokter gigi tiap-tiap 6 bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika tersedia masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

    Cara memelihara kesegaran gigi dan mulut mirip pentingnya dengan memelihara kesegaran bagian tubuh lainnya. Oleh di karenakan itu, Anda juga harus memenuhi asupan makanan bergizi, layaknya buah dan sayuran, dan juga minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per hari.

    Jika Anda mengalami keluhan, layaknya gusi berdarah, gusi turun atau gigi lepas dengan sendirinya, sakit sementara mengunyah, dan juga bau mulut yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter agar di jalankan pemeriksaaan dan penanganan yang sesuai.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *