Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Meler

    Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Meler

    Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Meler – Hidung meler berlangsung saat hidung mengeluarkan cairan lendir dari selaput mukosa hidung secara terlalu berlebih sebab ada peradangan atau iritasi. Peradangan ini dapat merangsang sel penghasil lendir, sehingga mengakibatkan sel-sel selanjutnya produksi lendir lebih banyak dari biasanya.

    Hidung meler sering kali berlangsung sejalan dengan keluhan lain, layaknya hidung tersumbat, bersin-bersin, dan mata berair.

    Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Meler

    Ada lebih dari satu hal yang dapat mengakibatkan hidung meler, merasa dari suhu dingin hingga tanda-tanda infeksi. Berikut ini adalah penjelasannya:

    1. Suhu dingin

    Udara dingin dapat mengiritasi selaput lendir di hidung dan mengakibatkan saluran mukosa hidung kering dan rentan berdarah. Untuk menahan keadaan selanjutnya terjadi, tubuh dapat merespons dengan langkah produksi lendir yang lebih banyak. Tujuannya adalah untuk melembapkan saluran hidung dan menghangatkan udara dingin yang masuk lewat hidung.

    2. Mata berair

    Ketika Anda menangis atau menguap, air mata dapat keluar. Air mata selanjutnya dapat mengalir ke dalam rongga hidung melalui saluran air mata yang terletak di ujung dalam kelopak mata.

    Setelah berada di dalam rongga hidung, air mata bercampur dengan lendir di hidung. Akibatnya, tersedia lebih banyak cairan bening yang muncul dari hidung dan mengakibatkan hidung meler.

    3. Benda asing di dalam hidung

    Benda asing yang tersangkut di dalam hidung sering kali di alami oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga berlangsung pada orang dewasa. Kondisi ini dapat merangsang produksi lendir berlebih.

    Lendir selanjutnya berperan dalam menahan terjadinya infeksi atau peradangan serta sebagai respon pelumas untuk mengeluarkan benda asing. Akibatnya, hidung menjadi meler dan umumnya berbau tidak sedap.

    4. Sinusitis

    Sinusitis berlangsung akibat peradangan di lapisan sinus dan hidung. Peradangan selanjutnya di sebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri dan mengakibatkan sinus menghasilkan lendir yang lebih banyak, sehingga mengakibatkan hidung meler.

    Ada lebih dari satu aspek yang dapat menambah risiko terkena sinusitis, layaknya alergi, merokok atau sering menghirup asap rokok, dan punya sistem kekebalan tubuh yang lemah.

    Selain hidung meler, sinus juga dapat menimbulkan tanda-tanda lainnya, layaknya nyeri di wajah, hidung tersumbat, lendir kental yang berwarna kuning atau hijau, demam, sakit kepala, dan penurunan manfaat indra penciuman.

    Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Buncit yang Paling Efektif

    5. Flu

    Flu merupakan penyebab lain dari hidung meler. Ini Flu merupakan infeksi saluran pernapasan atas yang di sebabkan oleh virus influenza. Virus ini dapat menyerang saluran pernapasan, terhitung hidung, sehingga mengakibatkan peradangan pada kelenjar lendir di saluran hidung.

    Gejala flu yang paling umum berlangsung adalah demam, kelelahan, bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    6. Rhinitis

    Rhinitis adalah peradangan yang berlangsung pada lapisan lendir hidung sehingga mengakibatkan hidung meler. Ini Rhinitis di sebabkan oleh reaksi alergi atau nonalergi.

    Faktor yang dapat menambah risiko terkena rhinitis antara lain adalah menderita penyakit asma, terkena paparan iritasi dan alergen dari lingkungan, dan punya bagian keluarga yang menderita penyakit alergi.

    Tak hanya hidung meler, tanda-tanda lain dari rhinitis meliputi bersin-bersin, hidung tersumbat, hidung atau tenggorokan gatal, mimisan, infeksi telinga, dan kelelahan.

    7. Polip hidung

    Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan lunak di dalam hidung yang umumnya tidak menimbulkan tanda-tanda apa pun. Namun, polip hidung yang berukuran besar dapat menimbulkan tanda-tanda berbentuk hidung meler.

    Penyebab polip hidung tidak di ketahui dengan pasti. Namun, keadaan ini bisa menyerang siapa saja, terlebih orang dewasa dan orang paruh baya. Gejala dari polip hidung yang dapat di rasakan meliputi hidung tersumbat dan pilek yang tak kunjung sembuh.

    Penanganan Hidung Meler

    Pada lebih dari satu kasus, hidung meler dapat hilang dalam lebih dari satu hari dengan penyembuhan rumahan, layaknya konsumsi minuman hangat, melakukan kompres hangat di daerah hidung, dan manfaatkan humidifier.

    Namun, hidung meler yang di sebabkan oleh keadaan medis lainnya kudu mendapatkan penanganan langsung oleh dokter. Berikut ini adalah penjelasannya:

    Obat-obatan

    Untuk menangani keadaan medis yang mengakibatkan hidung meler, tersedia lebih dari satu style obat-obatan yang diberikan oleh dokter, antara lain:

    • Obat antihistamin, untuk meredakan hidung meler yang di sebabkan oleh alergi, layaknya rhinitis
    • Obat dekongestan, untuk mengeringkan saluran hidung jika hidung meler berlebihan
    • Obat antibiotik, untuk meredakan hidung meler yang di sebabkan oleh infeksi bakteri, layaknya sinusitis

    Hidung meler sangat umum berlangsung dan sering kali tidak butuh penanganan medis oleh dokter. Namun, seumpama hidung meler berlangsung sepanjang lebih dari 3 minggu atau disertai dengan keadaan lain, layaknya demam, muncul kotoran berbau busuk dari salah satu hidung, kesulitan bernapas, dan nyeri di dahi atau hidung, sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

    Dengan begitu, dokter dapat menentukan penyebab dan penanganan hidung meler yang sesuai dengan keadaan Anda.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *